Sunday 15 April 2012

Sedikitnya Delapan Penyerang Tewas dalam Bentrok di Kabul


Sedikitnya Delapan Penyerang Tewas dalam Bentrok di Kabul

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Sedikitnya delapan penyerang tewas dalam pertempuran yang terjadi setelah gelombang serangan dilancarkan di Kabul, ibu kota Afghanistan, Minggu waktu setempat, kata polisi.Lima warga sipil dan lebih dari selusin anggota pasukan keamanan Afghanistan, termasuk kepala pasukan reaksi cepat kepolisian Kabul, cedera, kata beberapa pejabat keamanan kepada AFP.

Sejumlah gerilyawan Taliban yang bersenjatakan senapan mesin, roket dan rompi bom bunuh diri menyerang lokasi-lokasi penting di Kabul, yang menyulut pertempuran dengan pasukan keamanan sepanjang sore dan malam.Salah satu daerah yang diserang-jalan Jalalabad sebelah timur kota tempat pangkalan-pangkalan militer asing berada-"telah diamankan" dan empat gerilyawan tewas, kata kepala kepolisian Kabul, Mohammad Ayoub Salangi.

Empat penyerang lain, tiga diantaranya dekat wilayah kantung diplomatik Wazir Akbar Khan dan satu orang dekat parlemen, juga tewas, kata polisi.Juru bicara militer Afghanistan Jendral Mohammad Zahir Azimi mengkonfirmasi kematian keempat gerilyawan di jalan Jalalabad dan mengatakan, orang kelima dari kelompok penyerang ditangkap. Ia menambahkan bahwa pasukan komando militer membantu polisi dalam operasi itu.

Komando angkatan darat juga membantu polisi di provinsi Logar, membunuh tiga penyerang, kata Azimi, dan pertempuran di sebuah lokasi kedua di provinsi itu masih berlangsung. Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan itu dan mengatakan, mereka memulai ofensif musim semi tahunan.

Gerilyawan secara serentak menyerang bangunan-bangunan pemerintah di tiga kota wilayah timur di provinsi Logar, Nangarhar dan Paktya. Kementerian dalam negeri mengatakan sebelumnya, 19 gerilyawan yang terlibat dalam serangan-serangan Minggu itu tewas di sejumlah daerah Afghanistan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates