Monday 12 March 2012

Kenapa Nissan Juke Olivia Bisa Terbakar



VIVAnews - Peristiwa terbakarnya mobil Nissan Juke berpelat nomor B 60 GOH yang dikendarai Olivia Dewi setelah menabrak tiang reklame di Jalan Sudirman, Jakarta, masih saja mengundang perhatian publik.

Beberapa kecelakaan yang mengakibatkan mobil terbakar, sudah sering terjadi baik di dalam negeri atau luar negeri. Banyak faktor yang menjadi penyebab terbakarnya mobil. Namun, sering kali terjadi karena adanya kebocoran bahan bakar dan masalah kelistrikan.

Pemicu kebocoran bahan bakar biasanya terjadi jika sambungan selang bensin yang tidak rapat atau presisi. Kemudian selang mulai getas atau rapuh lantaran usianya melebihi 5 tahun. 

"Jika tidak ditangani dan diganti rembesan bensin akan tersulut ketika terjadi percikan di ruang mesin dan ke tangki bahan bakar," kata pemilik bengkel besar di Pondok Indah, Ismail Nurgoho saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 12 Maret 2012.

Faktor lain terjadinya kebakaran pada mobil adalah masalah kelistrikan. Ada dua bagian, masing-masing di bagian bodi dan mesin. Biasanya percikan api yang timbul pada sistem kelistrikan terjadi akibat hubungan arus pendek lantaran usia kabel sudah tua dan kulitnya terkelupas. 

Korsleting juga bisa terjadi lantaran longgarnya penjepit sekring di ruang mesin, yang bisa menimbulkan panas dan akhirnya meleleh. "Itu bisa jadi pemicu api dan merembet ke komponen lainnya. Tapi biasanya korsleting lebih sering terjadi karena menggunakan aksesoris tambahan seperti sound system," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Nissan Indonesia Teddy Irawan mengaku belum mengetahui penyebab terbakarnya Nissan Juke tersebut. Namun, kata Teddy, secara umum ada tiga hal yang bisa membuat benda terbakar, yaitu bensin, oksigen, dan percikan api dari luar.

Teddy juga membatah jika insiden kecelakaan maut model Olivia Dewi terkait recall mobil Juke di pasaran global, karena adanya komponen sensor yang diduga kendur.

Menurut Teddy, penarikan mobil di pasar global terjadi pada Juke dengan mesin 1.600 cc dengan turbo direct injection. Sementara, Juke yang beredar di Indonesia adalah Juke 1.500 cc versi standar.

"Jadi tipenya berbeda dengan yang di-recall di pasaran global," kata Teddy. Selama ini perusahaannya belum pernah menerima keluhan adanya masalah fatal dari pengguna Juke. "Ini yang pertama," kata dia.
Sementara polisi memastikan tabrakan maut yang dialami model remaja, Olivia Dewi, di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu dini hari murni kesalahan manusia, yakni akibat kecepatan berlebih.
Berdasarkan analisis sementara dari hasil olah tempat kejadian perkara diketahui saat itu Olivia memacu kendaraannya dengan kecepatan lebih dari 90 km/jam. Namun karena tidak konsentrasi  dia menabrak tiang reklame. Mobil kemudian terbakar. Sementara Olivia terjebak di dalamnya. (umi)
• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates